Festival Budaya Nusantara (FBN) merupakan peristiwa tahunan yang diselenggarankan Prodi Antropologi Budaya ISBI Bandung sejak tahun 2017.  FBN merupakan ajang bagi perayaan keragaman budaya Nusantara, menggali berbagai pemikiran dan tren keilmuan terbaru di bidang seni budaya, manggali berbagai potensi serta kearifan lokal pada masyarakat adat dan masyarakat lokal lainnya di Indonesia. FBN menjadi wadah bagi bertemunya berbagai gagasan dan kreativitas baru, yang tercakup di dalamnya berbagai pemikiran, karya, dan produk budaya.

Keragaman budaya adalah keniscayaan bagi negara multikultural seperti Indonesia. Dengan fokus kajian pada kebudayaan masyarakat lokal di Nusantara, Prodi Antropologi Budaya ISBI Bandung senantiasa berupaya untuk menjadi bagian masyarakat akademik yang turut mengkaji, memelihara sekaligus merayakan keragaman budaya nusantara. Ada ratusan kelompok etnik, ratusan bahasa dan budaya, dan ribuan pulau, yang menyimpan harta karun nilai-nilai budaya dan kearifan lokal nusantara.

Pada tahun 2021 ini, FBN memasuki kegiatan yang ke-4, setelah adanya pembatalan kegiatan pada tahun 2020 disebabkan wabah pandemi yang melanda di seluruh dunia sehingga mengganggu seluruh aktivitas yang telah direncanakan. Seiring dengan berjalannya waktu dan proses adaptasi dengan situasi pandemi ini telah berjalan baik, maka FBN IV tahun 2021 kembali diselenggarakan dengan mengusung konsep penyelenggraan secara virtual.

Dengan berupaya untuk terus membangun semangat dan optimisme di masa pandemi ini, pada FBN IV kali ini mengusung tema, “Celebrating Diversity, Embracing Creativity.” Sebuah festival untuk merayakan keragaman budaya dan kreativitas di masa pandemi. FBN kali ini juga menjadi tonggak dibangunnya kersajama Prodi Antropologi Budaya dengan berbagai pihak, tidak hanya di dalam negeri, tetapi juga di luar negeri. Maka, rangkaian kegiatan FBN kali ini tidak hanya mengusung kolaborasi secara nasional, tapi juga internasional, baik dalam kegiatan webinar maupun kolaborasi pertunjukan yang melibatkan kolaborasi berbagai negara, khususnya Indonesia dan Australia.

Selain itu, FBN IV juga mengundang partisipasi berbagai komunitas dan kelompok seni di kampus-kampus, aktivis seni, hingga kalangan professional untuk berbagi dan menyajikan karya kreatifnya di FBN. Harapannya, FBN dapat menjadi ruang bersama membangun kerjasama dan kolaborasi bagi akademisi, praktisi, dan berbagai kalangan lainnya untuk berkarya bersama. FBN memiliki ciri kreatif sekaligus intelektual.